www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Mengenal Produk Investasi

Yuk Sambut Investasi di Tahun Ayam Api

31-Jan-2017 11:05:35 WIB | Online | Share
Yuk Sambut Investasi di Tahun Ayam Api

Investasiku.co.id - Tahun Ayam Api baru saja tiba. Sudah memasuki tahun 2568 atau setara 2017 masehi. Jadi momen yang layak dipertimbangkan untuk memulai investasi atau menata ulang dan memerbaiki portofolio investasi.

Sebelum mengulas karakteristik tahun Ayam Api, kita lihat terlebih dahulu apa yang diwariskan tahun monyet api yang berakhir pada 27 Januari 2017.

Di tahun itu, investasi memang positif. Tetapi sebenarnya lebih banyak menghasilkan pondasi-pondasi penting seperti program amnesti pajak yang akan berakhir Maret 2017, dikeluarkannya berbagai regulasi baik di sektor minyak dan gas (migas), startup, financial technology (fintech), paket kebijakan ekonomi, dan lainnya.

Pada intinya ada begitu banyak “benih” ditanam pada tahun monyet api dan diyakini mulai bisa menuai panen pada tahun ayam api.

Berpatokan pada itu, tahun ayam api yang direpresentasikan oleh ayam menjadi tahun yang baik untuk mencari keuntungan.

Ayam terkenal gigih dalam mencari makan (rezeki) dan bergerak secara cepat serta cekatan mencari sumber rezeki sejak pagi buta hingga datang gelap.

Dalam kepercayaan Tionghoa, simbol ayam api mengajarkan tentang ketertiban, pengawasan, dan perencanaan strategis.

Maka pada tahun ini segala hal yang berkaitan dengan keuangan diprediksi akan positif mulai dari investasi, bisnis baru, sampai perjalanan karir.

Tapi tentu saja disesuaikan dengan berbagai faktor lain terutama melihat situasi yang ada dan peluangnya bisa segera ditangkap.

Investasi di pasar saham disebut-sebut prospektif karena karakteristik pergerakannya cepat. Pasar saham sesuai kebiasaannya akan naik mendahului sektor riil dalam kondisi baik dan sebaliknya turun lebih cepat saat membaca situasi berpotensi negatif.

Pasar saham Indonesia dari pergerakan Indeks harga saham gabungan (IHSG) sejak dibuka awal tahun ini sampai 30 Januari 2017 memang pertumbuhannya masih relatif minim. Baru naik 0,11 persen.

Tapi coba lihat indeks saham negara lain. Rata-rata sudah berlari cepat. Filipina misalnya sudah naik 7,25 persen, Singapura naik 6,39 persen, Hong Kong naik 6,18 persen, India naik 4,66 persen, dan mayoritas bursa global bahkan Amerika Serikat (AS) juga positif.

IHSG masih bergerak konsolidasi. Tapi banyak konsensus analis memerediksi indeks saham Indonesia itu bisa menembus level 6.000 pada tahun ini atau naik sekitar 13,2 persen dibandingkan level 5.296 saat start di awal tahun ini.

Lalu sektor apa saja yang layak diperhatikan? Berdasarkan situasi yang ada seperti program amnesti pajak, sektor keuangan terutama perbankan masih menjadi salah satu unggulan utama.

Kemudian sektor komoditas terutama yang termasuk migas dan batu bara. Selain regulasinya semakin positif, harganya juga sudah mulai menguat sejak pertengahan tahun lalu.

Risiko memang masih ada terutama dari berbagai rencana pemerintahan baru di AS. Presiden Donald Trump terlihat akan lebih agresif membangun perekonomian dalam negerinya sehingga bisa menarik dana dari negara lain termasuk negara berkembang seperti Indonesia.

Tapi, agresivitas AS juga tetap membawa keuntungan berupa potensi kenaikan harga komoditas. Sebab dengan keinginan menggenjot ekonominya, menghidupkan manufakturnya, permintaan akan komoditas akan meningkat.

Sektor lain yang disebut-sebut berpotensi positif adalah otomotif, perkebunan, dan infrastruktur. Menyusul kemudian sektor properti.

Bagaimana dengan instrument investasi lain seperti deposito dan obligasi? Ya, masih positif-positif saja sih. Tapi kurang agresif. Kurang cocok dengan karakteristik ayam yang gesit.

Terlebih kita perlu ingat bahwa AS juga berencana menaikkan lagi suku bunga acuannya di tahun ini. Maka, pertimbangkan dan hitung ulang lagi rencana investasi.

Faktor apa lagi yang menarik dari tahun ayam api? Percintaan! Katanya, tahun ayam api ini akan sangat cocok dengan orang yang bershio kuda, kelinci, ayam, dan tikus.

Ya, apapun itu, mulai lah investasi demi cinta atau demi orang tercinta.

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved