www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Merencanakan Masa Depan

Sudah Nggak Zaman THR Hanya Habis untuk Liburan

14-Jun-2017 14:19:22 WIB | Online | Share
Sudah Nggak Zaman THR Hanya Habis untuk Liburan

Investasiku.co.id – Mulai tahun ini, yuk kita perbaiki sikap dan pandangan terhadap uang Tunjangan Hari Raya (THR). Bulan Ramadhan sudah separo jalan. Sebagian sudah pada terima “bonus” tahunan itu dan sebagian lainnya masih menunggu.

Buat yang belum terima THR, tenang, mungkin memang belum ditransfer oleh bagian keuangan tempat kamu kerja. Masih ada waktu. Sebab aturannya, seperti tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) No 6 Tahun 2016 disebutkan bahwa THR wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Keagamaan.

Perlu diakui, kebanyakan dari kita menganggap uang THR ya benar-benar untuk berhari raya. Dihabiskan dan bahkan tidak sedikit yang akhirnya kekurangan untuk memenuhi segala kebutuhan dan keinginan pada sepanjang libur lebaran.

Sekadar menghabiskan uang THR masih lebih mending lah ketimbang yang sampai kekurangan dan akhirnya menggerus pos keuangan lain. Apalagi sampai memutuskan untuk berhutang!

Nah daripada rugi, sebelum terlambat, yuk kita ubah mindset kita dalam menyikapi uang THR. Evaluasi juga dari tahun-tahun sebelumnya, jangan-jangan memang lebih banyak habis oleh berbagai belanja dan keinginan yang tidak penting.

Mulai sekarang sebaiknya dirinci hal apa saja yang memang wajib dan perlu untuk kita penuhi saat libur hari raya Idul Fitri. Termasuk juga menghitung apakah memutuskan pulang kampung (mudik) atau tidak. Kemudian merinci secara terpisah hal apa saja yang selama ini biasa dilakukan padahal sebenarnya itu bukan sebuah keperluan. Sekadar keinginan.

Banyak saran positif dari para perencana keuangan terkait pemanfaatan uang THR itu. Silakan baca semuanya dan hasilnya, coba pikir ulang makna tentang hadirnya THR. Prinsipnya satu; untuk menambah kebahagiaan pada hari raya kan?

Untuk meraih kebahagiaan pada hari raya itu lah yang diterjemahkan beragam. Masing-masing orang punya cara berbeda. Tidak ada yang salah dengan itu. Tapi balik lagi, yang salah adalah yang tidak terencana sehingga akhirnya merasa kekurangan dan berujung pada jerat utang.

Baca Lagi : THR: Belanja atau Investasi?

Jadi, penting untuk mulai me-reset lagi makna uang THR supaya kita bisa lebih bijaksana memanfaatkannya. Supaya kita bisa melawan sifat manusiawi yang ada pada diri kita. Sebab jangan kan hari raya, pada hari biasa saja pengeluaran kerap tak terkontrol.

Terbukti, hasil penelitian terbaru oleh OpenUp, sebuah penelitian perilaku yang berbasis di New York, pola konsumtif masih merajalela sekalipun pada era jual beli online seperti sekarang. Dalam riset yang dimuat CNBC, Kamis (18 Mei 2017), itu menyebut pembeli online memiliki pemahaman yang baik tentang berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk berbelanja dan membeli sejumlah produk namun mereka memiliki pemahaman yang jauh lebih lemah tentang berapa banyak uang yang mereka habiskan. .

Sebanyak 1.000 subjek yang dianalisa selama dua bulan pada 2016 berbunyi, ”Sangat meremehkan apa yang sebenarnya mereka beli,” tulis Ashwini Anburajan, pendiri dan CEO OpenUp.

Sebenarnya, kata dia, mereka menghabiskan dua kali lebih banyak uang secara online melebihi yang mereka duga. OpenUp menyelesaikan analisisnya dengan menggunakan data perilaku dan sosial lebih dari 900 wanita dari bulan November sampai Desember 2016.

Di era modern seperti sekarang, di zaman pengelolaan keuangan semakin canggih, ada baiknya sebagian uang THR justru digunakan untuk hal yang lebih produktif. Sisihkan untuk ditabung, untuk dana cadangan, dan bahkan lebih baik jika bisa untuk tambahan investasi.

Terlebih, hari raya Idul Fitri tahun ini sangat berdekatan dengan tahun ajaran baru di sekolah. Buat yang sudah berkeluarga, harus pikirkan dan siapkan dana untuk itu. Buat yang masih kuliah, jangan abaikan juga tahun ajaran baru itu.

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved