www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Merencanakan Masa Depan

Siapkan e-KTP dan Mulai lah Berinvestasi

29-Aug-2017 13:20:16 WIB | Online | Share
Siapkan e-KTP dan Mulai lah Berinvestasi

Investasiku.co.id – Buang jauh anggapan investasi di pasar modal itu rumit, kebanyakan persyaratan, dan sebagainya. Faktanya, sama seperti pesan tiket pesawat atau tiket kereta; cukup pakai KTP Elektronik (e-KTP).

Pada dasarnya para penyelenggara di industri pasar modal mulai dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sampai Self Regulatory Organization (SRO) memang mewajibkan data investor alias nasabah harus akurat. Itu bagian dari mitigasi risiko. Maka dikenal proses Know Your Customer (KYC).

Tapi, Negara juga semakin maju. Pemerintah bikin terobosan soal data diri para penduduk yang hasilnya berbentuk eKTP itu.

Nah! Industri pasar modal melalui PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang memang berkepentingan terhadap identitas investor juga melakukan terobosan. Manfaatkan eKTP dalam rangka pembukaan rekening efek di pasar modal dan penerbitan nomor Single Investor Identification (SID).

Tahap awal ini sudah ada 98 perusahaan sekuritas yang siap merangkul lebih banyak investor dengan memanfaatkan eKTP. Mereka dibagikan alat perekam data yang disebut Card Reader.

Hitng-hitungan Direktur Utama KSEI, Friderica Widyasari Dewi, pembukaan rekening efek pakai eKTP itu semestinya sangat cepat, sekitar 30 menit. Jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya yaitu tiga hari.

Kenapa kok dulu lama? Sebab zaman baheula itu dari sisi peraturan juga ketat. Yang namanya KYC seperti disebutkan di atas itu harus dipatuhi. Perlu tandatangan basah, perlu tatap muka, harus diverifikasi lagi, duh ribet!

Sekarang, seiring berbagai terobosan tanpa meninggalkan prinsip mengenal nasabah ditambah kemajuan teknologi, menjadi investor di pasar modal jauh lebih mudah dan singkat. Yuk mulai manfaatkan kemajuan teknologi dalam rangka jadi investor dan ikut serta memerkuat pasar modal Indonesia.

Manfaatkan pasar modal untuk merencanakan banyak hal: Dalam rangka persiapan biaya pendidikan, untuk biaya kesehatan anak seperti dilakukan Farhan, dalam rangka persiapan menghadapi usia senja yang semakin sulit diprediksi, atau sekadar sama-sama membuktikan bahwa pasar modal memang bisa diandalkan sebagai sumber kemakmuran masyarakat.

Agustus 2017 ini, usia pasar modal Indonesia memasuki usia 40 tahun. Sepanjang itu jumlah investor baru mencapai satu juta. Peluang buat kita semua untuk berkontribusi sejak awal, mumpung masih kecil sehingga bisa menikmati pertumbuhannya.

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved