www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Mengenal Produk Investasi

Selamat Ultah Pasar Modal Indonesia; Life Begin at 40

2-Aug-2017 20:55:42 WIB | Online | Share
Selamat Ultah Pasar Modal Indonesia; Life Begin at 40

Investasiku.co.id – “Langkah Baru Kedewasaan Pasar Modal”. Begitu tema 40 tahun diaktifkannya kembali pasar modal Indonesia. Bagaimana kondisi industri pasar modal saat ini? Seberapa bersaing di Asia khususnya Asia Tenggara?


Pasar Modal Indonesia diaktifkan kembali pada 10 Agustus 1977 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia nomor 52 tahun 1976. Sedikit kilas balik, Begini Pasar Modal Indonesia Sebelum Sebesar Sekarang.

Dari indikator utama pasar modal, Indeks harga saham gabungan (IHSG) misalnya sudah mengalami kemajuan pesat jika dibandingkan perjalanan awalnya. Per 2 Agustus 2017, misalnya, IHSG ada di level 5.824,249.

Baca Lagi : Mengenal Market Cap dan IHSG Sebagai Indikator

Level IHSG per 2 Agustus itu sudah jauh lebih tinggi dibandingkan level 98.000 IHSG pada akhir tahun 1977. Maka sudah terjadi pertumbuhan sebesar 5.842 persen dalam kurun waktu 40 tahun itu.

Indikator dari nilai kapitalisasi pasar saham alias market capitalization (Market Cap) juga melonjak signifikan. Tahun 1977, nilai market cap sebesar Rp 2,730 miliar dan per 2 Agustus sudah mencapai sebesar Rp 6.382 triliun. Terjadi kenaikan lebih dari 200 ribu persen!

”Impian saya yang belum tercapai adalah mempunyai kapitalisasi pasar yang lebih besar dari total aset perbankan. Total aset perbankan itu Rp 6.750 triliun. Sekarang market cap bursa Indonesia sempat Rp 6.500 triliun dengan kurs (Rupiah terhadap dolar AS) saat ini ya kita nomor dua di Asean. Di bawah Singapura yang sudah mencapai USD 600 miliar,” ucap Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio, belum lama ini.

Meski begitu, dari sisi frekuensi transaksi saham, kata Tito, pasar saham Indonesia sudah kali empat lebih tinggi dari Singapura. Frekuensi transaksi menunjukkan likuiditas dan keaktifan investor dalam bertransaksi di pasar modal.

Saat ini, rata-rata frekuensi transaksi saham secara harian di pasar modal Indonesia mencapai lebih dari 300 ribu kali per hari dengan nilai transaksi di kisaran Rp 7,5 triliun.

Pasar modal Indonesia memang benar-benar memulai perjalanan dari kecil. Pada 1977 baru ada satu perusahaan tercatat di bursa (emiten) dan itu berlangsung sampai 1978 sebelum akhirnya menjadi 4 emiten pada 1979.

Kini, bahkan pasar modal Indonesia berkontribusi signifikan terhadap perekonomian Negara. Seperti ini kontribusinya.

Selain itu, pasar modal Indonesia juga menjadi andalan untuk Penunjang Pembangunan Infrastruktur Dalam Negeri.

Memasuki usia 40 tahun, pasar modal Indonesia mengusung tema besar “Langkah Baru Kedewasaan Pasar Modal”. Life begin at 40. Jargon itu salah satu yang menjadi latar belakang pemilihan tema.

Selain itu, pasar modal Indonesia sudah lebih dewasa karena dari sisi infrastruktur juga sudah jauh lebih mumpuni. Misalnya, berdirinya banyak badan baru seperti Program Perlindungan Investor Efek Indonesia (P3EI) dan Securities Investor Protection Fund (SIPF).

Baca Lagi : Aman, Aset di Pasar Modal Dilindungi

Secara sistem juga sudah merujuk standar international seperti berlaku di pasar modal Negara-negara maju. Sistem ini contohnya.

Dengan berbagai fakta perkembangan, sudah saatnya pasar modal Indonesia lebih dewasa. Para emiten juga sudah lebih berkembang dan kian ekspansif sejalan dengan tuntutan pasar agar regulator dan infrastruktur di pasar modal semakin siap menghadapi kedewasaan itu.

Selanjutnya : Perkembangan Reksa Dana di Indonesia

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved