www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Memahami Risiko

Sampai Mei Indikator Investasi di Pasar Saham Terbilang Strategis

2-Jun-2017 14:53:58 WIB | Online | Share
Sampai Mei Indikator Investasi di Pasar Saham Terbilang Strategis

Investasiku.co.id – Perjalanan pasar saham Indonesia sejak Januari sampai Mei 2017 baru saja berakhir. Hasilnya positif jika dibandingkan periode yang sama pada 2016. Pertanda perekonomian membaik dan iklim investasi kian kondusif.

Jika dibandingkan secara year on year (YoY) yaitu 30 Mei 2017 berbanding akhir Mei 2016, Indeks harga saham gabungan (IHSG) tercatat naik 19 persen. Dari level 4.796,869 menjadi 5.693,391. Dengan hasil itu maka boleh dibilang return atau keuntungan investasi di pasar saham Indonesia secara rata-rata dalam setahun sampai dengan akhir Mei 2017 sebesar 19 persen.

Baca : Mengenal Market Cap dan IHSG Sebagai Indikator Pasar Saham

Cukup tinggi jika dibandingkan dengan instrument investasi lainnya. Coba saja kita hitung misalnya berapa rata-rata bunga deposito dalam setahun? Berapa juga imbal hasil surat utang baik Surat Utang Negara (SUN) maupun obligasi korporasi dalam setahun? Rata-rata semuanya di bawah 10 persen.

Kenaikan indeks acuan pasar saham Indonesia itu seiring dengan kenaikan rata-rata transaksi perdagangan secara harian. Mulai dari nilai yang secara rata-rata harian naik 36 persen menjadi Rp 7,73 triliun sampai akhir Mei 2017 dibandingkan Rp 5,68 triliun pada Mei 2016.

Rata-rata frekuensi transaksi saham secara harian juga naik 38 persen menjadi 330 ribu kali dibandingkan 240 ribu kali. Rata-rata volume transaksi saham secara harian bahkan melesat 188 persen menjadi 14,52 miliar saham dibandingkan 5,04 miliar saham.

Pada Mei 2017 juga tercipta dua rekor pada indikator pasar saham Indonesia. Yaitu rekor tertinggi IHSG di level 5.791,884 pada 19 Mei 2017 dan rekor tertinggi nilai kapitalisasi pasar saham alias market cap sebesar Rp 6.308 triliun pada hari yang sama.

Boleh dibilang pencapaian rekor dan pergerakan positif IHSG pada Mei 2017 itu di luar dugaan mengingat biasanya pada Mei pergerakan pasar melambat dan bahkan tidak jarang negatif. Itu sebabnya ada fenomena Sell on May and Go Away yang sering terdengar di kalangan investor.

Baca : Ini Fenomena di Balik Makna Sell on May and Go Away

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan prinsipnya perbaikan rating Indonesia menjadi investment grade akan membuat pengelolaan fiskal membaik dan otomatis yield atau imbal hasil dari surat utang turun. ”Kalau yield dari fixed income (surat utang) turun akan membuat orang beralih ke pasar modal (saham),” ungkapnya, Rabu (30/05).

Masih dari faktor positif investment grade, kata Tito, adalah bagaimana beberapa investor termasuk dari Jepang yang tadinya cuma bisa masuk ke investment grade country sehingga sebelumnya sulit masuk leluasa ke Indonesia, kini bisa lebih leluasa. ”Sekarang dia bisa masuk secara strategis,” tegasnya.

Faktor positif ketiga adalah trust alias kepercayaan yang besar. Tadinya Indonesia masuk antara Sembilan sampai 10 besar pertumbuhan ekonomi terbaik di dunia. Sekarang dari sisi pergerakan pertumbuhannya, sudah masuk jajaran enam besar.

Memang, sempat ada turbulensi di pasar global termasuk di Indonesia jelang akhir Mei. Sebab ekonomi dan rating China turun. ”Penurunan di China membuat ekonomi kita terganggu. Kalau ekonomi China turun satu persen, kita bisa turun sampai 0,5 persen,” Tito menyebutkan.

Ditambah lagi jelang tutup perdagangan pada Mei, ada kabar bahwa Index MSCI Indonesia bobotnya diturunkan. Kemudian ada salah satu saham bank terbesar dari dalam negeri yang direspon sangat negatif sehingga turut menekan indeks.

Baca Lagi : Index MSCI Sebagai Indikator Pasar Saham Indonesia dan Asean

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved