www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Memahami Risiko

Risiko Saham; Unusual Market Activity (UMA)

29-Oct-2017 09:40:07 WIB | Online | Share
Risiko Saham; Unusual Market Activity (UMA)

Investasiku.co.id – Unusual Market Activity (UMA) merupakan salah satu bagian dari risiko investasi saham. Kadarnya ringan tapi cukup penting untuk diperhatikan investor terutama yang aktif pada perdagangan saham secara harian.

UMA menurut definisi Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah aktifitas perdagangan dan atau pergerakan harga suatu Efek (saham) yang tidak biasa pada suatu kurun waktu tertentu di bursa. Biasanya karena dinilai bursa dapat mengganggu terselenggaranya praktik perdagangan Efek yang teratur, wajar, dan efisien.

Hampir setiap hari ada pengumuman UMA dari BEI. Untuk mengetahuinya buka saja situs resmi bursa yaitu www.idx.co.id kemudian klik di kanal “Berita dan Pengumuman”.

Pengumuman UMA memang tidak sertamerta menunjukkan adanya pelanggaran di bidang pasar modal. Meski begitu, tetap penting untuk investor ketahui karena berkaitan dengan perlindungan sebab bisa memengaruhi rencana investasi terhadap saham tertentu.

Misalnya, saham WXYZ tadinya kurang aktif dalam rata-rata pergerakan saham secara harian. Tiba-tiba, suatu hari, menjadi sangat aktif baik pada hari itu saja maupun berlanjut ke hari berikutnya atau bahkan beberapa hari.

Nah pergerakan yang tidak biasa itu akan terpantau oleh “radar” bursa. Supaya investor yang tidak tahu menahu latar belakang dari pergerakan tak biasa saham tersebut terlindungi, BEI merilis pengumuman UMA atas saham dimaksud.

Biasanya juga disertai dengan saran dari BEI agar memerhatikan pengumuman apa saja yang sudah atau baru saja dirilis perusahaan tersebut. Atau bahkan menunggu sampai ada pengumuman terbaru.

Baca Juga: Untuk Diketahui, Berbagai Praktik ini Dilarang di Pasar Saham

Pada intinya, UMA diumumkan oleh bursa untuk meningkatkan awareness (kesadaran) investor agar selalu menganalisis semua informasi yang tersedia. Itu penting supaya tidak salah dalam bertransaksi atau memilih saham.

Infrastruktur dan pengawasan di BEI semakin hari memang semakin canggih. Dengan begitu kepentingan investor bisa terus terakomodir. Tapi namanya juga market yang dinamis, waspada tetap harus dilakukan karena potensi pelanggaran, secanggih apapun petugas keamanannya, tetap saja ada.

Baca Ini : Batas Minimal Saham Beredar dan Saham Gorengan

Foto: GettyImages

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved