www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Memahami Risiko

Risiko Saham; Suspensi

30-Oct-2017 12:50:14 WIB | Online | Share
Risiko Saham; Suspensi

Investasiku.co.id – Suspensi merupakan salah satu risiko investasi saham yang perlu diketahui investor. Salah satu bentuk sanksi dari Bursa Efek Indonesia (BEI) terhadap sebuah saham itu sebenarnya bentuk perlindungan kepada investor.

Definisinya, suspensi adalah tindakan penghentian sementara perdagangan efek dikarenakan adanya pergerakan baik harga maupun aktivitas perdagangan efek tersebut. Dihitung secara akumulatif dalam rentang waktu tertentu yang menurut penilaian bursa pergerakan tersebut terjadi cukup signifikan.

Tiga jenis suspensi di pasar saham terdiri atas:

  1. Suspensi Perdagangan Saham dan Turunannya dalam rangka cooling down
  2. Suspensi Perdagangan Saham dan Turunannya selama satu siklus penyelesaian transaksi
  3. Suspensi Perdagangan Efek Waran selama satu sesi perdagangan

Suspensi perdagangan dilakukan di Pasar Reguler dan Pasar Tunai dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar. Supaya pelaku pasar atau investor memertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya.

Memang belum tentu mengindikasikan adanya pelanggaran. Bisa saja gara-gara transaksi yang membuat harga sahamnya naik secara signifikan dalam waktu tertentu tanpa disertai informasi dari perusahaan. Atau bisa juga sebaliknya, harga saham turun signifikan padahal tidak ada kejadian pada perusahaannya.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan adanya potensi pelanggaran pasar modal sehingga bisa memutuskan “membekukan” aktivitas perdagangan saham dimaksud. Biasanya kemudian ditindaklanjuti dengan pemeriksaan perdagangan efek oleh BEI.

Dalam konteks pemeriksaan perdagangan efek terutama saham oleh BEI, bursa dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut adanya indikasi transaksi atau perdagangan efek yang tidak wajar.

Baca Juga : Untuk Diketahui Berbagai Praktik ini Dilarang di Pasar Saham

Bursa juga dapat melakukan permintaan data-data transaksi nasabah kepada perusahaan Anggota Bursa (broker) dan meminta keterangan yang relevan kepada anggota bursa terkait.

Hasil pemeriksaan atas adanya indikasi transaksi atau perdagangan efek yang tidak wajar dan melanggar Undang Undang Pasar Modal nomor 8 tahun 1995 terutama pasal 90 sampai 98, BEI akan melapor kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Buat investor, untuk mengetahui pengumuman suspensi secara langsung bisa diakses di situs resmi BEI, www.idx.co.id. Sama seperti pengumuman UMA, letaknya ada di kanal “Berita dan Pengumuman”.

Baca Lagi : Investor Saham Jangan Malas Update Informasi

Foto: BedfordGuide/athensema

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved