www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Mengenal Produk Investasi

Right Issue Alternatif Tambah Modal Pasca IPO

1-Jan-2017 10:46:50 WIB | Online | Share
Right Issue Alternatif Tambah Modal Pasca IPO

investasiku.co.id - Right Issue dalam bahasa Indonesia disebut Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Jika diartikan secara langsung sebenarnya hanya menjadi; menerbitkan hak.

Pada prinsipnya Right Issue memang aksi korporasi dalam rangka menerbitkan saham baru ke publik. Maka pelakunya adalah perusahaan yang sebelumnya sudah mencatatkan saham perdana di bursa alias perusahaan publik.

Bedanya dengan IPO, yang berhak membeli saham Right Issue hanya mereka yang punya “right” alias “hak” yaitu para pemegang saham.

Para pemegang saham yang berhak mengeksekusi saham Right Issue adalah yang namanya tercatat saat tanggal Cum-date sampai dengan penutupan perdagangan di hari itu. Tanggal Cum-date memang biasanya ditentukan pada saat perusahaan melakukan aksi korporasi Right Issue.

Bagaimana jika pemilik saham tidak ingin menggunakan haknya untuk mengeksekusi saham baru yang diterbitkan itu? Boleh! Tapi ada risiko persentase kepemilikannya terdilusi. Jumlah sahamnya memang tidak berkurang, tapi persentasenya yang menipis.

Risiko dilusi itu memang sudah konsekuensi matematis. Sebab jumlah saham perusahaan yang kita miliki kemudian melaku Right Issue itu maka jumlah saham beredarnya jadi tambah banyak. Soal risiko dilusi itu kita bahas terpisah.

Perusahaan yang akan melakukan Right Issue wajib menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk kemudian mendapatkan persetujuan pemegang saham atas rencana tersebut.

Terkait dengan HMETD ini yang terbaru diatur melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor 32/POJK.04/2015 tentang Penambahan Modal Perusahaan Terbuka Dengan HMETD.

Pada pasal 8 POJK itu diatur tentang kewajiban perusahaan terbuka jika ingin menambah modal melalui HMETD. Antara lain: telah memperoleh persetujuan RUPS, telah menyampaikan pernyataan pendaftaran dan dokumen pendukungnya kepada OJK, dan pernyataan pendaftaran sebagaimana dimaksud sudah menjadi efektif.

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved