www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Mengenal Produk Investasi

Reksa Dana Target Waktu, Paling Fleksibel tapi Dibatasi Usia Tertentu

27-Jul-2017 10:04:47 WIB | Online | Share
Reksa Dana Target Waktu, Paling Fleksibel tapi Dibatasi Usia Tertentu

Investasiku.co.id – Satu lagi produk investasi reksa dana didorong regulator agar lebih berkembang di Indonesia. Reksa Dana Target Waktu (RDTW) namanya. Apakah itu? Apa perbedaannya dengan reksa dana lain yang sudah lebih populer sebelumnya?

RDTW mendadak lebih terdengar seiring dengan penerbitan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) nomor 34/POJK.04/2017 yang diumumkan pada 3 Juli 2017. Aturan tersebut memang mengatur tentang RDTW.

Berbeda dengan jenis reksa dana lainnya, RDTW tidak terpaku dengan mayoritas jenis efek dalam portofolio (underlying)nya. Produk ini lebih mengacu kepada sebuah tanggal tertentu atau waktu tujuan investasi pada jangka waktu tertentu.

Karena patokannya adalah jangka waktu tertentu itu maka RDTW dapat mengubah komposisi portofolio efeknya dari yang misalnya semula sebagian besar efek bersifat ekuitas berisiko tinggi seperti saham perlahan menjadi cenderung konservatif seiring bertambahnya usia reksa dana tersebut.

RDTW diterbitkan dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan investor akan produk investasi yang sesuai dengan siklus perencanaan keuangan. Jadi sebenarnya ini merupakan produk reksa dana yang cukup fleksibel.

Itu lah perbedaan paling utama RDTW dengan produk reksa dana lainnya apakah itu reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, maupun reksa dana pasar unas.

Reksa dana lainnya itu sudah menetapkan portofolionya sejak awal dan meskipun misalnya, pada reksa dana saham, bisa dilakukan perubahan dari saham A ke saham B namun komposisinya akan tetap. Tidak akan berubah. Misalnya, 90 persen portofolionya adalah saham dan sisanya adalah efek lainnya. Akan begitu sampai seterusnya.

Itu yang tidak dilakukan di RDTW dengan fleksibiltasnya itu. Ciri-ciri utama RDTW adalah ada pencantuman waktu tertentu pada produknya. Misalnya, produk XYZ2020. Tahun 2020 adalah target waktu dimaksud pada produk tersebut.

RDTW dianggap produk yang lebih cocok untuk investor institusi. Bukan individu. Misalnya, investor yang merupakan pengelola dana asuransi, investor dari institusi dana pensiun, koperasi, atau lainnya.

Pengelola RDTW akan mengatur menyesuaikan target waktu ditentukan. Misalnya, target jangka waktu sebuah produk RDTW ABC adalah 5 tahun. Pada tiga tahun pertama bisa saja mayoritas portofolio alias underlyingnya adalah saham tapi dua tahun sisanya bergeser ke produk investasi yang berisiko lebih rendah seperti surat utang atau obligasi.

Sama seperti reksa dana lainnya, RDTW juga dikelola oleh perusahaan Manajer Investasi (MI). Mereka adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola portofolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah.

Baca Lagi : Ayo Lebih Memahami Reksa Dana Lagi

Definisi


Dalam POJK nomor 34/POJK.04/2017 tentang Reksa Dana Dinamis Target Waktu disebutkan definisi RDTW adalah reksa dana yang memiliki jangka waktu tertentu dan kebijakan investasi yang menyesuaikan dengan jangka waktu tersebut.

Target waktu adalah tahun dimana kebijakan investasi RDTW menjadi paling konservatif dan tidak lagi berubah. Sedangkan unit penyertaan adalah satuan ukuran yang menunjukkan bagian kepentingan setiap pihak dalam portofolio investasi kolektif.

Simak Lagi : Ini Cara Pengelola Dana Pensiun Berinvestasi

Dalam peraturan tersebut dinyatakan bahwa MI sebagai pengelola memiliki berbagai kewajiban terkait RDTW:

  1. Menyusun jadwal perubahan kebijakan investasi (glide path / target waktu) untuk periode sejak reksa dana diterbitkan sampai dengan target waktu yang ditetapkan dan mencantumkannya dalam Kontrak Investasi Kolektif dan Prospektus Reksa Dana Dinamis Target Waktu
  2. Melakukan pengelolaan investasi RDTW sesuai dengan jadwal perubahan kebijakan investasi (glide path).

Meskipun terdapat perbedaan cukup signifikan, OJK dalam penjelasan umumnya menyebut bahwa RDTW tetap merupakan dan mengacu pada dasar dari produk reksa dana. Yaitu sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal guna selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh MI.

Belakangan, OJK menilai, perkembangan atas produk reksa dana semakin tinggi dibarengi harapan bahwa reksa dana tidak hanya memberikan keuntungan yang relatif tinggi dan aman tapi juga kemampuan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pemodal yang spesifik ataupun berubah seiring waktu.

Maka RDTW diusung sebagai salah satu jawaban untuk memenuhi kebutuhan itu. Sebuah produk investasi yang tidak terpaku dengan mayoritas jenis efek dalam portofolionya tapi dibatasi pada tanggal tertentu.

Reksa Dana Saham Juara Semester Pertama 2017

Pengembangan jenis reksa dana itu diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pemodal Indonesia. Selain itu juga diharapkan bisa mendorong pertumbuhan Pasar Modal Indonesia yang aman dan berkelanjutan.

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved