www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Mengenal Produk Investasi

Rata-rata Produk Investasi Reksa Dana Positif Sampai Juli

31-Jul-2017 23:38:24 WIB | Online | Share
Rata-rata Produk Investasi Reksa Dana Positif Sampai Juli

Investasiku.co.id – Sudah tujuh bulan berlalu pada tahun ini. Berapa pertumbuhan investasi reksa dana yang kita miliki sejauh ini? Asalkan di atas rata-rata pertumbuhan pasar, sebenarnya sudah cukup bagus.

Rata-rata pertumbuhan pasar di produk reksa dana bisa kita lihat dari kinerja indeksnya. Kita mulai dari reksa dana saham. Data Infovesta mencatat secara year to date sejak awal tahun ini sampai dengan 28 Juli 2017, indeks reksa dana saham (IRDSH) tumbuh sebesar 5,17 persen.

Kenaikan sebesar itu hanya sekitar separo dari pertumbuhan indeks acuannya yaitu Indeks harga saham gabungan (IHSG) yang tercatat naik sebesar 10,09 persen pada periode yang sama.

Baca juga: Reksa Dana Saham Juara Semester Pertama

Kemudian indeks reksa dana campuran (IRDCP) mampu tumbuh 5,64 persen. Itu pun di bawah pertumbuhan indeks acuannya yang terdiri atas 50 persen IHSG dan 50 persen Indeks Government Bond (IGB) yang mampu tumbuh 8,15 persen pada periode awal tahun ini sampai 28 Juli 2017.

Sebaliknya, jenis reksa dana pendapatan tetap secara rata-rata mampu tumbuh di atas indeks acuannya. Indeks reksa dana pendapatan tetap (IRDPT) naik 5,86 persen sedangkan indeks acuannya yang terdiri atas campuran IGB dengan Indeks Corporate Bond (ICB) tumbuh 5,45 persen.

Adapun indeks reksa dana pasar uang tumbuh 2,53 persen pada periode awal Januari 2017 sampai 28 Juli 2017. Angka itu sedikit di bawah indeks acuannya yang mampu naik sebesar 2,91 persen.

Dari data itu, jika dibandingkan per jenisnya maka reksa dana pendapatan tetap secara rata-rata naik paling tinggi.

Secara umum, reksa dana masih positif sampai awal semester kedua 2017 ini. Tentu saja itu semua angka rata-rata karena faktanya ada banyak produk reksa dana, terutama reksa dana saham, yang mampu tumbuh puluhan persen pada periode itu.

Fluktuasi memang masih terjadi jika dilihat dari data per pekannya. Meski begitu, tidak perlu khawatir karena tren pertumbuhan reksa dana secara jangka panjang masih memberikan imbal hasil positif.


Ayo lebih paham reksa dana lagi agar bisa lebih matang dalam memertimbangkan jenis produk investasi. Tentu saja disesuaikan dengan rencana dan tujuan dari investasi itu dilakukan. Untuk bekal pendidikan diri sendiri atau anak? Untuk tabungan hari tua? Atau rencana lainnya.

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved