www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Mengenal Produk Investasi

Pantau Fluktuasi Portofolio Investasi Cukup Dari Ponsel dan Smartwatch

14-Mar-2017 09:40:08 WIB | Online | Share
Pantau Fluktuasi Portofolio Investasi Cukup Dari Ponsel dan Smartwatch

Investasiku.co.id - Sepanjang pekan kemarin (03 Maret – 10 Maret 2017) mayoritas indeks reksa dana bergerak fluktuatif. Jangan ketinggalan momen, jangan tertinggal informasi. Gampang kok! Memantau portofolio investasi termasuk reksa dana secara online sekarang sudah lengkap dan seru bahkan bisa melalui smartwatch.

Sepekan lalu, hanya reksa dana pasar uang yang relatif stabil. Dari data Infovesta, dilihat dari grafik pergerakannya, Indeks Reksa Dana Pasar Uang (IRDPU) tidak volatile dan berhasil naik 0,08 persen.

Sebaliknya grafik indeks reksa dana lainnya bergerak naik turun. Indeks Reksa Dana Saham (IRDSH) berakhir minus 0,59 persen pada pekan itu, Indeks Reksa Dana Campuran (IRDCP) turun 0,11 persen, dan Indeks Reksa Dana Pendapatan Tetap (IRDPT) naik 0,25 persen.

Di kelompok reksa dana syariah, indeks reksa dana saham syariah tercatat minus 0,38 persen sepanjang pekan kemarin. Indeks reksa dana campuran syariah minus 0,14 persen, sebaliknya indeks pendapatan tetap syariah naik 0,17 persen.

Bagaimana dengan indeks acuannya? Indeks harga saham gabungan (IHSG) sepanjang pekan kemarin turun 0,01 persen. Indeks Government Bond Index (IGBI) naik 0,08 persen, dan Indeks Corporate Bond Index (ICBI) naik 0,14 persen.

Meski secara mingguan banyak yang negatif namun secara year to date atau kumulatif sejak awal tahun ini sampai dengan pekan kemarin mayoritas masih positif.

Di luar itu, dilaporkan bahwa jumlah dana kelolaan atau Asset Under Management (AUM) reksa dana berbasis dollar AS (USD) mengalami kenaikan sebesar 5,54 persen pada Februari. Sejalan dengan unit penyertaan yang juga meningkat sebesar 5,18 persen.


Kondisi di atas merupakan gambaran dan acuan data bagi investor dalam memantau portofolio investasinya, terutama di produk reksa dana. Bisa juga menjadi bahan pertimbangan bagi investor baru atau calon investor sebelum memutuskan memilih produk reksa dana yang mana.

Faktanya memang sekarang market bergerak dinamis. Padahal di sisi lain aktivitas penduduk terlebih di perkotaan juga sangat aktif.

Tapi kemajuan teknologi membantu investor untuk tetap bisa memantau portofolio investasinya tanpa harus kehilangan momentum. Cukup dari ponsel pintar (smartphone) dan bahkan sudah bisa terintegrasi dengan gadget penunjangnya seperti jam pintar (smartwatch).

Dari smartphone kita bisa download aplikasi seperti Trimegah Investment App (Trima) kemudian bisa mulai memantau bahkan memutuskan rencana investasi.

”Investor atau calon investor memiliki kebutuhan untuk mengelola investasi mereka secara real time, kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu, kami mempersembahkan Trima.” ujar Direktur Utama PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk, Stephanus Turangan, di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), pada 21 Februari 2017.

Pada aplikasi Trima terdapat lima fitur yang bisa diandalkan. Pertama, Fast to Execute. Fitur ini didesain agar investor dapat bertransaksi dengan cepat, mudah, dan nyaman seperti memantau portfolio investasi melalui smart watch yang kemudian memungkinkan investor mengeksekusi transaksi dengan cepat.

Kedua, Simple to Trade. Fitur ini menyajikan saham-saham yang direkomendasikan sehingga memudahkan investor mengambil keputusan investasi.

Ketiga, Convenient Research. Menyediakan analisis teknikal dan fundamental, serta tools yang memungkinkan investor membandingkan beberapa saham dengan indikator-indikator yang ditentukan.

Keempat adalah fitur Convenient to Transact Multiple Products. Dari sini, investor cukup memiliki satu akun dan satu aplikasi saja untuk berinvestasi di saham dan reksa dana. Dengan Trima, reksa dana dapat dijadikan jaminan untuk bertransaksi saham, berkat sistem terintegrasi antar instrumen.

Trima juga membantu investor mengoptimalkan return portfolio dengan fitur auto sweep di mana investor dapat memindahkan dana kas ke reksa dana pasar uang secara otomatis.

Kelima, fitur Consolidated Statement of Account. Fitur ini menyediakan laporan akun yang terkonsolidasi atas semua aset-aset investor, sehingga memudahkan investor mengetahui dan mengelola portfolio investasi mereka.

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved