www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Mengenal Produk Investasi

Obligasi sebagai Investasi

9-Jun-2016 15:26:15 WIB | Online | Share
Obligasi sebagai Investasi

Pasar modal menawarkan beragam produk investasi dengan kadar risiko yang berbeda. salah satu contohnya: obligasi. Produk ini merupakan surat pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi dengan janji akan melunasi pokok utang dan membayar kupon bunga hingga jatuh jatuh tempo pembayaran.

Penerbit obligasi berasal dari intitusi pemerintah dan korporasi. Obligasi yang diterbitkan pemerintah disebut sebagai surat utang negara (SUN), sementara obligasi korporasi diterbitkan oleh perusahaan swasta maupun BUMN. Obligasi termasuk salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih pemerintah atau korporasi untuk mendapatkan pendanaan bagi kegiatan pembangunan ataupun modal usaha.

Pada obligasi dikenal banyak istilah. Nilai nominal atau nilai utang pokok, yaitu nilai yang akan dibayar bunganya oleh penerbit dan harus dilunasi pada saat jatuh tempo. Masa jatuh tempo ini merupakan batas waktu umur obligasi tersebut. Ada obligasi jangka pendek, kurang dari 1 tahun, jangka menengah sekitar 1-10 tahun dan ada pula obligasi dengan durasi lebih dari 10 tahun.

Harga penerbitan obligasi merupakan harga yang ditawarkan kepada investor saat pertama diterbitkan. Namun, nilai bersih yang akan diterima oleh penerbit obligasi akan terlebih dahulu dikurangi dengan biaya-biaya penerbitan.

Kupon bunga merupakan hasil investasi yang akan diterima investor. Besaran kupon bunga obligasi ini ditetapkan pada saat penerbitan. Pembayarannya dilakukan secara periodik, mulai per bulan, per kuartal dan per semester. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan bahwa setiap obligasi yang diterbitkan harus tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Istilah lain yang perlu ditulis : Harga obligasi

Pada obligasi dikenal dua pasar, yaitu pasar primer dan pasar sekunder. Pasar Primer merupakan tempat obligasi tersebut pertama kali diperdagangkan kepada publik. Sementara pasar pasar Sekunder merupakan tempat dimana publik dapat melakukan jual beli obligasi dilakukan setelah diterbitkan dan dicatat di BEI.

Saat ini transaksi obligasi di pasar sekunder dilakukan secara [Over the Counter (OTC).] Melalui sistem ini pemegang obligasi dan pembeli melakukan transaksi dengan perangkat elektronik seperti email, online trading, atau telepon.

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved