www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Mengenal Produk Investasi

Mengenal Tentang Dividen

1-Jan-2017 10:27:46 WIB | Online | Share
Mengenal Tentang Dividen

investasiku.co.id - Selain kenaikan harga saham, pembagian dividen merupakan poin penting dan dinanti investor saham terutama bagi mereka yang berorientasi jangka menengah dan panjang. Biasanya dividen untuk hasil kinerja setahun penuh diumumkan pada Maret di tahun berikutnya.

Jelang akhir kuartal pertama, banyak perusahaan publik (emiten) yang rutin membagikan sebagian dari perolehan laba bersihnya itu. Bagi investor pemilik saham emiten yang akan membagikan dividen maka tinggal tunggu waktu saja. Tapi bagi yang belum memiliki sebenarnya juga masih ada peluang.

Bagaimana bisa? Bisa! Maka kita harus mengenal dan memahami seluk beluk tentang dividen.

Kita mulai dari definisi dividen itu sendiri. Secara umum dividen adalah pembagian keuntungan dari laba bersih yang dihasilkan perusahaan dalam periode tertentu kepada para pemegang saham. Umumnya dalam kurun waktu satu tahun.

Emiten yang akan membagikan dividen harus mendapat persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Ada dua jenis dividen;

Dividen Tunai (Cash Dividen) adalah dividen yang dibagikan dalam bentuk uang cash atau tunai.

Dividen Saham (Stock Dividen) dibagikan dalam bentuk saham.

Keduanya memungkinkan terjadi tapi umumnya dalam bentuk dividen tunai.

Terdapat berbagai istilah dalam dividen:

Dividend Payout Ratio (DPR)

Maksudnya adalah rasio perbandingan antara dividen yang dibagikan dengan laba bersih yang diperoleh.

Misalnya begini; PT Oval pada 2015 meraih laba bersih Rp 1 triliun. Hasil RUPS pada Februari 2016 kemudian menyepakati dividen yang dibagikan sebesar Rp 500 miliar. Maka rasionya sebesar 50 persen.

Dividen Final (Penuh) dan Dividen Interim

Dividen Rp 500 miliar yang dibagikan PT Oval tadi misalnya dinyatakan sebagai dividen final. Yaitu dividen yang dibagikan setelah tutup buku pada setahun penuh 2015.

Tapi yang benar-benar akan dibagikan nilainya sebenarnya Rp 300 miliar. Nah Rp 200 miliarnya ke mana?

Ternyata pada Oktober 2015 PT Oval sudah membagikan dividen sebesar Rp 200 miliar. Itu lah yang disebut dividen interim. Yaitu dividen yang diberikan PT Oval bersifat sementara karena manajemen perusahaan meyakini sampai akhir tahun laba bersihnya berpotensi mencapai Rp 1 triliun atau bahkan lebih.

Dividen Yield

Yaitu persentase keuntungan dihitung dari nilai dividen yang dibagikan dibandingkan dengan harga saham perusahaan. Misalnya PT Oval harga sahamnya Rp 500 dan dividen yang dibagikan Rp 250 per saham. Maka yield alias imbal hasil dari keuntungan investasinya dari kinerja setahun sebesar 50 persen.

Tetapi tentu saja angka dividen yield sangat relatif tergantung dari masing-masing investor dari mana menghitungnya.

Namun umumnya dihitung sejak harga saham tersebut dibeli. Nilainya tentu saja bisa berubah atau berbeda dibandingkan saat ini atau saat dividen dibagikan.

Cum-date

Adalah tanggal bagi pemegang saham masih punya hak untuk mendapatkan dividen sampai ditutup perdagangan saham pada tanggal itu yaitu jam 16:00. Jika sampai tenggat itu kita masih tercatat sebagai pemilik saham perusahaan yang akan membagikan dividen maka kita berhak menerimanya.

Ex-date

Ex date adalah kebalikan dari Cum Date. Pada tanggal itu tidak ada lagi hak untuk mendapatkan dividen. Jadi jika kita beli saham PT Oval pada tanggal Ex date maka kita tidak termasuk penerima dividen. Sebaliknya, jika kita sudah memiliki saham PT Oval dan menjualnya pada tanggal Ex date itu maka kita tetap berhak menerima dividen.

Recording – date

Yaitu tanggal pengumuman para pemegang saham yang mendapatkan dividen

Payment date

Yaitu tanggal pembayaran dividen kepada seluruh investor yang memiliki hak untuk mendapatkannya.

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved