www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Mengenal Produk Investasi

Mengenal Apa Itu Transaksi Crossing Saham

3-Feb-2017 13:56:19 WIB | Online | Share
Mengenal Apa Itu Transaksi Crossing Saham

Investasiku.co.id - Transaksi crossing saham ramai diberitakan terutama saat program amnesty pajak (tax amnesty). Salah satunya terjadi di saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sebagai bentuk deklarasi kepemilikan dalam rangka keikutsertaan program pengampunan pajak dari pemerintah itu.

Pada 11 November 2016, misalnya, transaksi saham di pasar negosiasi menyentuh rekor tertinggi sehingga total transaksi saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) mencapai Rp 189,16 triliun pada perdagangan hari itu.

Transaksi di pasar negosiasi itu merupakan crossing saham BBCA alias BCA. Terjadi transaksi saham crossing atau biasa juga disebut transaksi tutup sendiri sebesar Rp 178,7 triliun di pasar negosiasi atas saham bank swasta terbesar itu.

Nah apa sebenarnya transaksi crossing saham itu? Berikut penjelasan Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI, Hamdi Hassyarbaini, dalam bentuk tanya jawab:

Apa sih yang dimaksud transaksi crossing itu? Kenapa disebut crossing?

Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Negosiasi dilakukan melalui proses tawar-menawar secara individual (negosiasi secara langsung) antar (perusahaan sekuritas) Anggota Bursa Efek (AB)atau antar nasabah melalui satu Anggota Bursa Efek atau antara nasabah dengan Anggota Bursa Efek yang selanjutnya hasil kesepakatan dari tawar-menawar tersebut diproses melalui JATS (sistem IT untuk perdagangan saham di BEI).

Transaksi Crossing adalah transaksi jual beli saham di pasar negosiasi antar nasabah yang dilakukan melalui satu Broker Anggota Bursa

Kenapa transaksi tertentu harus melalui Crossing yang disebut dengan cara tutup sendiri itu? Apa gunanya?

Transaksi crossing adalah transaksi negosiasi yang merupakan kesepakatan antara 2 pihak yang difasilitasi oleh satu AB atau broker yang sama, karena para pihak yang bersepakat tersebut merupakan nasabah dari AB atau bróker yang sama tersebut.

Kegunaan transaksi crossing adalah untuk melegalkan kesepakatan para pihak tersebut melalui transaksi di bursa.

Syaratnya apa saja?

Para pihak yang bertransaksi wajib terlebih dahulu memiliki kesepakatan paling kurang memuat:

1. nama Efek

2. harga

3. volume

4. waktu dan mekanisme penyelesaian transaksi

5. metode pemindahbukuan Efek dan/atau dana (Delivery versus Payment atau Delivery Free of Payment)

Dampak transaksi crossing tetap berpengaruh ke harga saham di IHSG?

Transaksi Efek Bersifat Ekuitas yang terjadi di pasar negosiasi tidak akan mempengaruhi perhitungan IHSG

Biaya transaksinya sama atau beda dengan transaksi saham biasa?

Fee Transaksi bursa untuk Transaksi crossing adalah sebesar 0,03 persen dari total nilai transaksi (jual dan beli) yang terjadi (termasuk biaya Kliring dan Penyelesaian).

Khusus untuk program Tax Amnesty ada diskon ya?

Untuk menikmati fasilitas diskon biaya balik nama saham, wajib pajak peserta amnesty pajak memang harus mengajukan permohonan kepada direksi BEI.

Peserta juga wajib melampirkan surat keterangan pengampunan pajak dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dan juga Surat Keterangan Bebas Pajak atas pengalihan harta guna mendapatkan fasilitas bebas Pajak atas Transaksi penjualan saham di bursa sebesar 0,01 persen.

BEI telah mengeluarkan Surat Edaran dengan Nomor SE-002/BEI/08- 2016 tentang Kebijakan Khusus terkait Biaya Transaksi di Pasar Negosiasi dalam Rangka Penerapan Pengampunan Pajak, dengan ketentuan besaran diskon yang dapat diberikan kepada AB yang melakukan transaksi di pasar negosiasi dalam rangka Tax Amnesty sebesar 20 persen sampai dengan 45 persen tergantung dari besarnya nilai transaksi tersebut.

Banyak yang memanfaatkan transaksi crossing dalam rangka Tax Amnesty?

Kami telah menerima permohonan insentif dari sejumlah pemilik saham yang ingin melakukan balik nama saham dari kendaraan investasi (special purpose vehicle) ke pemilik aslinya. Namun kami masih menunggu permohonan lain karena jumlahnya masih belum terlalu banyak.

Untuk pihak yang mengajukan permohonan diskon biaya transaksi balik nama saham, jumlahnya masih kurang dari 10 transaksi. Namun kami yakin jumlah transaksi crossing yang terjadi yang berhubungan dengan Amnesti Pajak bisa lebih dari 10 transaksi karena tidak semua pihak yang melakukan transaksi crossing meminta diskon kepada kami.

Alasannya, pihak-pihak ini tidak ingin data-data kepemilikan saham dan perusahaan yang terafiliasi diketahui banyak orang.

Fasilitas diskon biaya balik nama saham sebenarnya hanya diberikan pada periode pertama amnesti pajak yang berakhir September lalu. Namun kami akan pertimbangkan untuk memberikan diskon bila ada wajib pajak yang meminta. Jadi silakan daftar.

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved