www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Merencanakan Masa Depan

Menentukan Investasi di Reksa Dana

9-Jun-2016 15:23:36 WIB | Online | Share
Menentukan Investasi di Reksa Dana

Reksa dana termasuk salah satu instrumen investasi dengan potensi keuntungan yang menawan. Selain nilai investasinya terjangkau, investor juga semakin mudah untuk keluar dari satu reksa dana ke reksa dana lain, ataupun merealisasikan keuntungannya dengan melakukan penjualan unit reksa dana melalui manajer investasinya.

Seperti halnya produk investasi lain, untuk memperoleh keuntungan yang optimal, investor reksa dana perlu melakukan perencanaan. Agar investor bisa mencapai target investasinya di reksa dana, terdapat beberapa hal yang perlu dipahami dan dilakukan.

Pertama, Menetapkan Tujuan Investasi. Setiap investor tentunya memiliki tujuan dari investasi yang akan dilakukan. Misalnya, investasi tersebut akan digunakan untuk biaya pensiun, sekolah anak, biaya S2, S3 ataupun untuk mendukung rencana renovasi rumah. Tujuan investasi ini akan menentukan horizon/jangka waktu investasi reksa dana tersebut.

Kedua, Memahami Karakter Reksa Dana. Jenis reksa dana sangat beragam dengan karakter risiko maupun potensi keuntungan yang berbeda-beda pula. Dengan memahami karakter reksa dana, investor dapat menentukan pilihan produknya sesuai dengan tujuan investasinya. Di Indonesia, beberapa reksa dana yang dijual diantaranya adalah reksa dana saham, pasar uang, campuran, terproteksi dan pendapatan tetap.

Ketiga, Memilih Manajer Investasi. Pemilihan manajer investasi merupakan bagian dari pengelolaan risiko. Mengingat banyaknya kejadian penyalahgunaan dana oleh manajer investasi, tahap ini menjadi sangat penting. Dengan memilih manajer investasi yang kredible dan teruji, investor juga akan mendapatkan produk yang sesuai regulasi. Artinya, produk reksa dana yang ditawarkan kepada investor sudah memiliki ijin dan dilindungi oleh regulator dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Keempat, Mempelajari Prospektus. Sebelum menetapkan pilihan kepada reksa dana tertentu, investor harus mengetahui detil isi dari prospektus tersebut. Misalnya mengenai rencana penempatan dana, biaya-biaya yang dikenakan hingga masalah perijinan dari OJK. Pemahaman terhadap prospektus ini akan menentukan nasib dana investasi para investor.

Kelima, Monitor Perkembangan Investasi. Meskipun dimaksudkan sebagai investasi jangka panjang, investor tetap harus memonitor perkembang reksa dana yang telah dibeli. Saat ini banyak manajer investasi yang telah memiliki sistem pelaporan reksa dana secara online ataupun realtime. Melalui fasilitas ini, investor juga dapat mengetahui riwayat kinerja reksa dana. Meskipun kinerja dimasa lalu tidak menjadi jaminan, namun hal ini bisa menjadi salah satu acuan untuk menentukan pengelolaan terhadap sebuah reksa dana berkinerja bagus ataupun kurang optimal.

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved