www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Mengenal Produk Investasi

Market Cap Naik Pertanda Aset Investasi Positif

17-Mar-2017 14:43:21 WIB | Online | Share
Market Cap Naik Pertanda Aset Investasi Positif

investasiku.co.id - Potensi besar untuk nilai kapitalisasi pasar saham (market cap) di Bursa Efek Indonesia (BEI) menembus rekor tertinggi lagi terbuka. Menjadi simbol positifnya pasar modal dalam negeri, perekonomian Indonesia, dan tentu saja positif untuk investasi.

Indonesia termasuk negara yang paling membanggakan dalam hal pertumbuhan market cap. Pada 2016, misalnya, terjadi kenaikan sekitar 18 persen nilai market cap dari Rp 4.873 triliun pada 2015 menjadi Rp 5.759 triliun pada 2016.

Kini, market cap di pasar saham Indonesia bahkan sudah menyentuh level psikologis Rp 6.000 triliun.

Baca juga : Mengenal Market Cap dan IHSG Sebagai Indikator

Kenaikan market cap sebesar 18 persen pada 2016 itu jauh di atas rata-rata pertumbuhan market cap global sebesar 4,4 persen pada tahun yang sama. Data World Federation Exchange (WFE) mencatat pada tahun lalu pertumbuhan dimotori oleh bursa-bursa di kawasan Amerika dengan kenaikan market cap sebesar 10,8 persen di kawasan itu.

Motor berikutnya adalah bursa-bursa di kawasan Europ, Middle East, and Africa (EMEA) dengan pertumbuhan sebesar 0,9 persen.

Bagaimana dengan kawasan Asia Pasifik? Bursa-bursa di kawasan ini berujung pada penurunan setengah persen (0,5 persen) nilai market cap pada 2016 dibandingkan 2015.

Indonesia sebagai bagian dari member WFE masuk ke regional Asia Pasifik itu. Namun dengan catatan positif market cap tahun lalu, pasar saham Indonesia tentu saja bukan menjadi bagian kelompok yang mencatatkan negatif itu.

Seperti sudah dibahas sebelumnya bahwa market cap merupakan bagian dari indikator pertumbuhan aset terutama dalam hal ini saham maka setiap pergerakannya menjadi perhatian. Terutama oleh para investor dan tentu saja regulator di masing-masing negara.

Saat perekonomian masih dalam proses recovery, saham-saham perusahaan di Indonesia masih mampu tumbuh. Pergerakan harga saham tidak akan terlepas dari kinerjanya.

Semakin positif kinerja sebuah perusahaan maka semakin naik harga sahamnya. Namun juga sebaliknya. Semakin negatif maka harga saham semakin melorot.

Saat harga saham naik maka menjadi cerminan dan tentunya menarik minat para investor untuk masuk. Sebab ada peluang investasi akan membuahkan imbal hasil positif.

Para investor saham akan langsung berburu saham incaran. Begitu juga para pengelola dana investasi seperti perusahaan Manajer Investasi agar kemudian bisa menawarkan produk terbaiknya kepada investor misalnya dalam bentuk reksa dana.

Market cap tumbuh berarti perusahaan sehat dan pasar modal khususnya pasar saham juga sehat. Pada akhirnya iklim investasi di pasar modal juga positif.

Nilai kapitalisasi pasar saham meningkat maka kekayaan juga meningkat. Kekayaan dalam hal portofolio investasi dari para investor tentunya.

Tapi, bedakan antara kekayaan dari kapitalisasi pasar saham dengan kekayaan berupa aset perusahaan ya. Itu dua hal berbeda.

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved