www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Merencanakan Masa Depan

Kira-kira Reksa Dana yang Cocok untuk Rencana Beli Mobil Apa Ya?

2-Jan-2017 14:53:38 WIB | Online | Share
Kira-kira Reksa Dana yang Cocok untuk Rencana Beli Mobil Apa Ya?

investasiku.co.id - TETAPKAN tujuan finansial, baru pilih instrumen investasi. Itulah prinsip dasarnya sebelum menentukan jenis investasi yang tepat.

Sebagai contoh tujuan finansialnya untuk membeli mobil, lantas instrumen investasi apa yang tepat? Apakah reksa dana bisa dipilih?

Sebenarnya bisa saja mengingat reksa dana pada dasarnya juga menjadi alat mencapai tujuan keuangan. Dalam kasus ini, membeli mobil.

Maka itu ditetapkan dulu berapa lama waktu yang diperlukan untuk ‘mengkaryakan’ uang di reksa dana agar terkumpul duit untuk down payment mobil yang ditargetkan.

Barulah dicari reksa dana yang memiliki kinerja yang bagus sehingga target keuangan yang dikehendaki dapat tercapai.

Hanya perlu diperhatikan dulu kondisi yang mendukung untuk tujuan itu melalui reksa dana.

First, pastikan dulu kondisi keuangan lagi sehat sehingga ada dana lebih yang bisa disimpan dalam bentuk reksa dana.

Indikator keuangan sehat itu terlihat dari alokasi sisa pendapatan yang tak terpakai lumayan besar, cicilan utang konsumtif di bawah 30 persen, dan punya dana darurat tiga kali lipat dari income.

Sebaliknya ketika kondisi keuangan lagi amburadul seperti ada cicilan kredit konsumtif, pendapatan yang lebih kecil dari pengeluaran, atau utang lainnya, tunda dulu keinginan ini.

Yang kedua, tetapkan sejak awal jenis mobil yang dikehendaki. Tujuannya agar bisa memprediksi besaran uang muka yang dibutuhkan ketika harga mobil sudah diketahui.

Jangan lupa, kalkulasikan juga kenaikan harga mobil ke depannya karena saat reksa dana dicairkan bisa jadi harga mobil sudah berubah.

Terakhir, pilihkan reksa dana yang memiliki kinerja bagus agar imbal hasil di kemudian hari dapat terealisasi dalam target waktu yang ditetapkan.

Misalnya saja melirik reksa dana pasar uang karena risiko yang lebih rendah dan cocok untuk tujuan jangka pendek, setahun misalnya.

Opsi lainnya bisa reksa dana pendapatan tetap bila target terkumpulnya uang muka itu dalam waktu tiga tahun.

Beda lagi kalau reksa dana saham atau campuran yang cocok bila niat punya mobil dalam waktu tiga atau lima tahun kemudian.

Reksa dana saham cenderung mengoptimalkan hasil dan tak mengejar likuiditas. Hanya yang mesti digarisbawahi, reksa dana jenis ini berisiko tinggi tapi berpeluang menghasilkan yang paling tinggi pula.

So, sudah punya banyangan mau gunakan jenis reksa yang mana?

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved