www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Mengenal Produk Investasi

Investor Saham Jangan Malas Update Informasi

30-Sep-2017 23:10:42 WIB | Online | Share
Investor Saham Jangan Malas Update Informasi

Investasiku.co.id – Menjadi investor saham sebaiknya rajin mengupdate informasi. Mulai dari informasi pasar secara umum, spesifik soal perusahaan yang bisa berdampak kepada perubahan harga saham, sampai informasi makro ekonomi.

Salah satu penyebab utama pasar saham bergerak aktif dan harga sahamnya cenderung fluktuatif adalah informasi. Pasar saham sangat sensitif terhadap perkembangan sehingga ada istilah: buy the rumor, sell the news.

Baru muncul rumor saja terkadang imbasnya terhadap harga saham langsung tercipta. Positif maupun negatif, tergantung rumornya. Tapi tentu saja rumor yang masuk akal karena pelaku pasar rasional.

Itu lah sebabnya yang terjadi sejauh ini, di pasar saham termasuk pasar saham Indonesia, pergerakannya selalu mendahului sektor riil. Mendahulu perekonomian sesungguhnya:

Baca Juga: Lari Duluan Salah Satu Karakteristik Pasar Saham

Lagipula, mendapatkan informasi adalah hak investor. Itu lah sebabnya perusahaan public yang sahamnya tercatat di bursa, diwajibkan oleh regulator untuk mengumumkan setiap peristiwa dan informasi perusahaan kepada publik.

Jangan kan informasi penting seperti rencana akuisisi, rencana aksi korporasi terbitkan saham baru, atau sejenisnya. Informasi seperti menambah gerai bagi perusahaan tertentu, ada dana keluar untuk sewa acara dan nilainya cukup besar, atau informasi sejenisnya, itu saja tetap dianggap penting untuk dilaporkan.

Selain itu perusahaan publik juga diminta untuk melakukan laporan berkala terkait komposisi pemegang saham terutama dengan kepemilikan minimal 5 persen.

Di luar dari informasi perusahaan, seorang investor umumnya juga mendapatkan pasokan informasi dari perusahaan sekuritas (broker) tempatnya membuka rekening atau menjadi nasabah.

Informasi yang diberikan oleh analis atau ekonom perusahaan sekuritas itu penting untuk disimak. Sebab tidak sedikit di dalamnya berisi rekomendasi baik saran beli saham tertentu maupun jual.

Rekomendasi diberikan pun mungkin tidak selalu sama. Ada yang berdasarkan analisa fundamental ada pula dari hasil analisa teknikal.

Baca Lagi: Ini Cara Membedakan Analisis Teknikal dengan Fundamental

Dengan begitu, menjadi investor saham sekaligus melatih kepekaan terhadap berbagai situasi. Mendorong juga supaya investor memelajari lebih banyak ragam istilah dan ilmu yang berkaitan dengan investasi di pasar modal.

Foto: firstinterstatebank

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved