www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Cerita Investasiku

Investasi Berbuah Istri dan Rumah

9-Jun-2016 15:21:16 WIB | Online | Share
Investasi Berbuah Istri dan Rumah

Bagi Giring Ganesha, investasi adalah modal untuk biaya masa depan. Dan berkat investasi pula vokalis grup band Nidji ini bisa menikmati masa mudahnya dengan lebih baik. “Saya bayar biaya nikah dan DP rumah dari hasil investasi di pasar modal. Sebagian di reksa dana dan ada juga di instrumen saham,” ungkapnya.

Giring menuturkan, motivasinya untuk berinvestasi adalah menyiapkan masa depan yang lebih baik. Selain bisa mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang konsumtif, dengan berinvestasi Giring merasa hidupnya akan lebih disiplin. Selama hampir 8 tahun menjadi investor Giring juga mendapatkan banyak pengalaman dalam menentukan pilihan investasi.

Sebelum berinvestasi di saham, Giring memulainya dengan investasi di reksa dana. Cara ini dianggapnya perlu untuk mengetahui risiko dan mengasah mental sebagai investor. Dengan berinvestasi di reksa dana, Giring tidak perlu susah untuk memilih instrumen, karena semua diatur oleh manajer investasi.

Seiring berjalannya waktu dan pengetahuan yang makin banyak, Giring pun mulai mencoba investasi saham. Emiten yang menjadi pilihannya adalah perusahaan dengan manajemen bagus, taat GCG dan memiliki fundamental kuat. Meski berinvestasi untuk jangka panjang, Giring sesekali juga menikmati gain dari naiknya harga saham maupun reksa dana.

”Saya pernah eksekusi untung 18 persen gain buat DP rumah. Waktu nikah, pakai uang tabungan di reksa dana. Mau masukkan anak sekolah, cairkan pakai uang di reksa dana. Nanti mau nikahkan anak, pakai uang reksa dana atau gain saham lagi," pikir suami Cynthia Riza itu.

Sekarang, Giring punya empat instrumen investasi favorit, yaitu saham, reksa dana, surat utang negara ritel dan deposito. Bagi pekerja seni seperti dirinya, berinvestasi akan sangat menentukan jalan hidup di masa depan. Maklum, tidak ada jaminan bagi seorang musisi akan terus eksis di industri hiburan yang sangat ketat dan sangat menuntut.

Giring mengingatkan anak muda agar mulai berinvestasi. Banyak cara untuk memulai dan berhasil menjadi seorang investor. Apalagi kini semakin banyak tools untuk bisa sukses di pasar modal.

"Saya nggak bohong dan nggak lebay. Investasi pasar modal itu simpel. Manisnya banyak banget. Pahitnya cuma satu waktu di awal karena belum tahu, sehinga salah beli saham. Sampai sekarang saya nggak ngerti baca laporan kinerja, kalau mau beli baca media aja atau minta rekomendasi dari analis. Prinsip yang saya pegang, saya akan jual ketika kinerja perusahaan mulai jelek, utangnya gede dan labanya kecil. Karena saya memilih investasi jangka panjang," tegasnya.

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved