www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Merencanakan Masa Depan

Hidup Boros Nggak Zaman Lagi, Kaum Muda Masa Kini Rajin Investasi

18-Oct-2017 17:21:21 WIB | Online | Share
Hidup Boros Nggak Zaman Lagi, Kaum Muda Masa Kini Rajin Investasi

Investasiku.co.id – Masih pakai gaya hidup boros dan habiskan uang tanpa perencanaan sudah ketinggalan zaman. Mengikuti perkembangan global, kaum muda di Indonesia didorong lebih bijak soal finansial dan rajin investasi demi masa depan cerah.

Masyarakat Indonesia mulai menuju bijak finansial dan gemar investasi itu didorong regulator yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Targetnya adalah terbentuk masyarakat financial well being yaitu masyarakat yang mampu melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, memiliki kemampuan dalam berinvestasi, serta memiliki ketahanan keuangan.

Selangkah lebih maju dibandingkan target sebelumnya yang ditetapkan pada 2013 yaitu masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat literasi keuangan yang tinggi (well literate).

Target terbaru itu tertuang dalam Revisi Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2017. Menjadi pedoman buat OJK, lembaga jasa keuangan, dan pemangku kepentingan lainnya dalam pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

Program strategis utamanya seperti ini:

  1. Program Strategis 1: Cakap Keuangan
  2. Program Strategis 2: Sikap dan Perilaku Keuangan Bijak; dan
  3. Program Strategis 3: Akses Keuangan.

Sasaran kegiatan literasi dan inklusi keuangan itu dibuat semakin luas dan salah satu target utama adalah generasi muda.

Program dibuat seiring update study dan riset terbaru dari berbagai lembaga global yang kredibel. Antara lain Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), World Bank, Alliance for Financial Inclusion (AFI), dan G20.

Kenapa generasi muda menjadi salah satu target utama? Normatifnya, ya jelas lah karena sebagai penerus bangsa dan yang melanjutkan peradaban dunia.

Tapi juga diperkuat berbagai riset, salah satunya ini: Saatnya Perbanyak Investasi Sebab Situasi Pensiun Sulit Diprediksi

Maka penting mengetahui lebih banyak tentang keuntungan mengatur keuangan secara bijaksana, tentang keuntungan investasi, dan merencanakan keuangan secara umum demi masa depan.

Dengan modal itu, setidaknya sudah bisa membangun kesadaran bahwa memang perilaku boros itu hanya “kesenangan sesaat” dan bisa menjerumuskan ke situasi sulit pada masa mendatang.

Soal bagaimana caranya menyikapi uang lebih bijaksana banyak tipsnya. Zaman online sekarang ragam informasi seperti itu tinggal klik saja ketemu mulai dari belajar bikin anggaran, disiplin menjalankannya, kurangi hasrat belanja yang tidak penting, evaluasi, dan seterusnya.

Tapi yang lebih penting adalah apa yang perlu dilakukan jika sudah mampu mulai berhemat. Satu hal paling utama, segera rencanakan investasi. Tidak perlu dalam jumlah banyak, murah-murah saja sesuai uang jajan. Paling penting adalah konsisten menjalankannya.

Investasi juga bukan cuma perlu dilakukan kaum pria. Buat perempuan masa kini, investasi harus mulai jadi bagian gaya hidup.

Baca Juga: Ladies, Saatnya Kalian Berani Investasi

Foto: Kiplinger

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved