www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Mengenal Produk Investasi

Era Digital Masuk Pasar Modal Lebih Mudah, Murah, dan Cepat

23-May-2017 10:03:43 WIB | Online | Share
Era Digital Masuk Pasar Modal Lebih Mudah, Murah, dan Cepat

Investasiku.co.id – Selain terus berkembang dari sisi nilai dan skala ekonominya, pasar modal Indonesia juga terus berinovasi. Dalam rangka mengikuti perkembangan zaman, investor mulai diperkenalkan dengan Reksa Dana Online, sistem online trading saham, dan segera menerapkan Electronic Registration (e-Registration) untuk perusahaan yang akan melakukan penawaran efek saham atau surat utang.

Pasar modal menuju era digital. Sangat cocok untuk di Indonesia yang secara geografis wilayah-wilayahnya terpisahkan laut. Negara kepulauan.

Sejak lama segala perkembangan, termasuk di industri keuangan dan tidak terkecuali pasar modal, terpusat di Jawa. Khususnya di jawa bagian Barat. Padahal potensi investor, perusahaan yang baik dan berkembang, juga banyak di luar Jawa.

Namun akses ke pasar modal terbatas. Selain karena jarak juga keterbatasan informasi. Sekarang, di era digital, persoalan tersebut coba dientaskan.

Sebelumnya sejumlah perusahaan sekuritas dan Manajer Investasi memulai dengan membuat sistem online untuk para investor. Supaya bisa investasi secara online seperti Reksa Dana Online atau aplikasi trading saham.

Baca: Manfaatkan Inovasi Untuk Kemudahan Investasi dan Bantu Program Inklusi

Tim Pendalaman Pasar Surat Utang juga berinovasi. Mereka sudah mulai menjalankan sistem transaksi surat utang secara elektronik agar bisa mengikuti kemajuan di sistem perdagangan saham. Mulai April 2017 sistem itu diberlakukan.

Baca Lagi : Seperti Ini Teknis dan Biaya Perdagangan Surat Utang Online

Baru-baru ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menerapkan sistem Pendaftaran Elektronik (Electronic Registration/E-Registration) untuk memeroses Pernyataan Pendaftaran atau Aksi Korporasi di sektor Pasar Modal.

Penerapan sistem pendaftaran elektronik itu dilaksanakan sebagai bagian program pendalaman pasar di sektor Pasar Modal dan untuk memberikan kemudahan sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan OJK.

”Dengan penerapan pendaftaran elektronik ini, penyampaian pernyataan pendaftaran akan lebih mudah, cepat dan efisien,” kata Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK Fakhri Hilmi dalam pembukaan sosialisasi penerapan pendaftaran elektronik di Jakarta, Rabu (17/05).

Dalam rangka persiapan penerapan pendaftaran elektronik, OJK melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada 300 peserta yang mewakili Emiten dan Perusahaan Publik, Penjamin Pelaksana Emisi Efek, dan Profesi Penunjang Pasar Modal.

Kegiatan itu ditujukan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh sekaligus untuk memeroleh masukan dari para peserta sosialisasi terkait rencana penerapan pendaftaran elektronik.

Implementasi sistem rencananya akan dilakukan dalam dua tahap mulai 2017 hingga 2019. Pada tahap pertama, pada tahun ini akan dilakukan E-Registration untuk Pernyataan Pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Efek Bersifat Ekuitas, Efek Bersifat Utang atau Sukuk, dan Penawaran Umum Berkelanjutan Efek Bersifat Utang dan atau Sukuk.

Untuk Penawaran Umum Terbatas, Pernyataan Penggabungan Usaha atau Peleburan Usaha dan Pernyataan Penawaran Tender (wajib dan sukarela) akan dilakukan pada tahap kedua yaitu pada 2018 – 2019.

Melalui pendaftaran elektronik, dokumen Pernyataan Pendaftaran dapat disampaikan kepada OJK secara elektronik, dimana saja dan kapan saja tanpa harus menyampaikan dokumen dalam bentuk cetak (hard copy).

Penyampaian tersebut dilakukan dengan menggunakan website OJK melalui sistem pendaftaran dan registrasi terintegrasi (SPRINT OJK). Rancangan Peraturan OJK (RPOJK) tentang Pengajuan Pernyataan Pendaftaran atau Aksi Korporasi Secara Electronik telah dipublikasikan di website OJK untuk memeroleh tanggapan dari pihak-pihak terkait.

Untuk lebih meningkatkan pemahaman pemangku kepentingan terkait sistem E-Registration, OJK selanjutnya akan melaksanakan workshop lanjutan dalam beberapa angkatan yang akan dilaksanakan di OJK Institute pada bulan Juni dan Juli 2017.

Foto: jasmine.org.il

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved