www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Merencanakan Masa Depan

Bijaksana Atur Keuangan Yuk Sebelum Disiplin Investasi

23-Jan-2017 09:52:26 WIB | Online | Share
Bijaksana Atur Keuangan Yuk Sebelum Disiplin Investasi

investasiku.co.id Sebelum menentukan bentuk investasinya, lebih bijak memang jika dimulai dengan mendisiplinkan diri. Disiplin dalam mengatur keuangan tentunya.

Seorang jutawan muda, Kyle Taylor (30 tahun) punya resep sendiri dalam mendulang sukses dari sisi keuangan. Dia punya rumus disebut 50/30/20 persen yang mungkin bisa kita jadikan inspirasi.

Dalam wawancara dengan CNBC seperti dikutip dari YahooFinance, Kyle memang baru menikmati kesuksesan atas rumusnya itu belum lama ini.

Sebelumnya, beberapa tahun lalu, boleh dibilang dia adalah remaja yang bangkrut. Gaya hidup tak terkontrol, punya banyak utang, pusing cari cara ke sana ke mari untuk mencari solusi.

Pada 2010, Taylor, seperti kebanyakan remaja generasi millennium adalah mahasiswa pengangguran. Beruntung, dalam situasi terjepit itu dia tidak berlari ke arah negatif.

Sebaliknya, dia memilih untuk memulai menulis di blog yang dia dirikan bernama The Penny Hoarder. Sekarang sudah jadi badan hukum.

”(Blog) itu hanya cara saya berbagi apa yang saya lakukan untuk melunasi utang pinjaman mahasiswa saya dan menahan diri agar lebih bertanggung jawab,” Taylor mengatakan kepada CNBC.

Dari kegiatannya itu Taylor mulai mendapatkan uang. Menjual tulisan, menjual foto, berkreativitas lain mencari sumber uang “tersembunyi”.

Setelah uang diterima, baru lah dia menemukan pola 50/30/20 persen. Rumus itu, menurutnya, juga berlaku untuk uang yang datang dari sumber lain apakah itu gaji, hadiah uang tunai, atau bonus pekerjaan.

Rinciannya:

- 50 persen pergi langsung ke bank

Taylor mengatakan potongan terbesar dari uang diterima harus masuk ke rekening giro, tabungan darurat, atau rekening tabungan jangka panjang.

- 30 persen berjalan menuju pendanaan gaya hidup Anda

Porsi terbesar berikutnya bisa untuk mencukupi pengeluaran gaya hidup kamu. Membeli pakaian baru, menyenangkan diri dinner di restoran atau café, tapi akan lebih baik jika disisihkan untuk mulai kredit rumah atau apartemen.

- 20 persen berjalan menuju menyenangkan

Porsi ini boleh dibilang untuk kesenangan hidup. Untuk membuat diri lebih bahagia dengan cara apapun sejauh anggarannya sesuai. Traveling, nonton konser, ke bioskop, apa saja lah.

”Saya pikir sangat penting untuk menghargai diri sendiri,” ucap Taylor. ”Anda bekerja keras, Anda layak mendapatkannya.”

Persentase itu, mungkin berbeda tergantung usia, besaran penghasilan, dan tujuan keuangan masing-masing orang.

Tapi bagi Taylor, resep itu sudah mengobati dari kondisi bangkrut kemudian menjadi jutawan. ”Memiliki persentase untuk menyiapkan masa depan akan memberikan Anda kebebasan dan kontrol untuk memastikan Anda membuat keputusan keuangan yang bijaksana," katanya.

Bagi kita yang sudah punya rencana matang di masa depan, setidaknya, dari porsi 50 persen itu kita punya keleluasaan untuk menentukan arah investasi. Apakah ke saham langsung atau reksadana?

Baca: Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Keluarga

Hidup Sederhana Kunci Memulai Investasi


Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved