www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Merencanakan Masa Depan

Begini Tahapan Buat Mahasiswa Mulai Investasi

12-Sep-2017 20:53:37 WIB | Online | Share
Begini Tahapan Buat Mahasiswa Mulai Investasi

Investasiku.co.id – Tidak melakukan investasi adalah sebuah kesalahan. Kalian para mahasiswa pasti sadar soal itu. Persoalannya, jenis investasi apa yang pas dan cocok untuk memulainya?

Langkah Pertama; Kenalan

Mahasiswa memang momennya kenalan dengan banyak hal; akademis dan non akademis. Banyak ilmu ditimba di ruang perkuliahan, banyak pengalaman dari kegiatan berorganisasi, dan menjalin pertemanan lewat pergaulan yang makin luas.

Kenalan sama produk investasi terutama investasi di pasar modal masuk ke bagian perpaduan akademis dan non akademis. Buat mahasiswa dari Fakultas Ekonomi mungkin bisa dapat dasar-dasar pengetahuan tentang investasi dari buku dan penjelasan dosen.

Buat mahasiswa non ekonomi, jangan khawatir, informasi di era digital seperti sekarang itu melimpah. Bisa juga mengajak mahasiswa ekonomi bikin grup diskusi dalam rangka mengenal dan merencanakan investasi.

Praktik itu sudah dilakukan sama Frisca Devi Choirina yang membentuk komunitas Investasi Saham Pemula (ISP).

Jadi, daripada banyak waktu terbuang atau sekadar senang-senang tanpa tujuan, jauh lebih baik mulai kenalan dan belajar investasi demi masa depan.

Langkah Kedua; Semakin Mengenal

Pilihan investasi memang semakin beragam. Di pasar modal, produk reksa dana boleh dibilang paling cocok buat mahasiswa yang mau memulai investasi. Jadi, bisa diawali dengan fokus membahas dan lebih mengenal tentang produk yang dalam Bahasa Inggris disebut Mutual Fund itu.

Kalau mau lebih luas sampai membahas investasi saham langsung juga boleh. Toh mau investasi reksa dana maupun langsung saham zaman sekarang bisa pakai satu akun rekening nasabah dan dananya bisa dialihkan di antara dua jenis produk investasi itu.

Apalagi sekarang sudah tersedia beragam aplikasi investasi digital atau online, mobile pula, sehingga membantu memudahkan mengatur alokasi uang buat investasi.

Baca Juga : Lebih Gampang Atur Portofolio Investasi Pakai Aplikasi

Kalau masih penasaran, pelajari juga investasi dari perbankan seperti deposito atau investasi emas. Nanti bisa ketahuan apakah kalian para mahasiswa cocok investasi produk ini disesuaikan dengan kondisi keuangan dan potensi imbal hasil yang bisa diraih.

Langkah Ketiga; Action

Rata-rata produk investasi itu ada risikonya tapi jauh lebih berisiko kalau tidak melakukan investasi.

Coba deh analisa antara potensi kerugian sama keuntungan memulai investasi sejak dini. Sejak masih di bangku kuliah. Jauh lebih banyak keuntungannya kok.

Keuntungan bisa dianalisa secara awam saja;

  1. Pengetahuan dan ilmu investasi bertambah
  2. Bisa disiplin mengatur keuangan
  3. Jadi punya tujuan keuangan untuk masa depan
  4. Membantu menentukan cita-cita, dan masih banyak keuntungan lainnya.

Brandon Fleisher Membuktikan Keuntungan Investasi Sejak Dini

Soal risiko, kalau istilah Raisa, mumpung masih muda ambil risiko sedikit boleh lah. Lagipula mumpung masih mulai dengan nominal investasi kecil-kecilan, risikonya juga relatif kecil sambil terus dipelajari.

Lagian sekarang di kampus-kampus sudah banyak Galeri Investasi yang diresmikan Bursa Efek Indonesia (BEI) kerjasama dengan perusahaan sekuritas. Tinggal datangi saja, informasi banyak tersedia di sana.

Yuk Mulai investasi karena situasi pensiun semakin sulit diprediksi.

Foto: edutopia

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved