www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Merencanakan Masa Depan

Begini Langkah Awal Jadi Investor Saham

28-Sep-2017 11:29:07 WIB | Online | Share
Begini Langkah Awal Jadi Investor Saham

Investasiku.co.id – Menjadi investor saham zaman sekarang bukan hal sulit. Bukan juga sesuatu yang eksklusif milik kalangan tertentu. Yuk kenali langkah-langkah menjadi investor saham di pasar modal Indonesia.

Formalnya, seperti dirinci Bursa Efek Indonesia (BEI), seseorang untuk jadi investor saham itu caranya begini:

  1. Datang ke perusahaan sekuritas. Silakan pilih perusahaan sekuritas dikenal atau paling dekat dengan rumah.
  2. Mengisi formulir disediakan Perusahaan Sekuritas. Formulir dimaksud adalah formulir pembukaan Sub Rekening Efek dan formulir Rekening Dana Investor (RDI).
  3. Memberikan dokumen diperlukan; fotocopy KTP berlaku, NPWP, fotocopy bagian depan buku tabungan yang akan didaftarkan dalam formulir pembukaan Sub Rekening Efek.
  4. Setoran dana awal ke rekening di bank RDI atas nama calon investor saham. Masing-masing perusahaan sekuritas (broker) menentukan deposit berbeda-beda (dimulai Rp 100 ribu)
  5. Setelah disetujui, zaman sekarang biasanya langsung dikasih akun untuk transaksi saham secara online. Langsung transaksi!

Berbeda dengan menentukan jenis produk investasi yang harus dilatarbelakangi tujuan dan target waktu, membuka rekening saham lebih fleksibel. Buka saja dulu, kenali, dan sekadar terdaftar pada awalnya.

Setelah itu baru terpacu untuk menilai saham apa yang cocok untuk dibeli saat ini. Nah tentang saham apa yang mau dibeli itu baru lah harus punya alasannya.

Latar belakang membeli sebuah saham pun beragam. Tapi secara umum terbagi dua; alasan fundamental dan alasan teknikal.

Baca Juga: Cara Membedakan Analisis Teknikal dengan Analisis Fundamental

Momen dan tempat membeli saham juga terbagi dua; Pasar Primer dan Pasar Sekunder. Supaya bisa membeli saham di pasar primer atau biasa juga disebut pasar perdana, investor harus punya rekening di perusahaan efek yang menjadi penjamin emisi dari penerbitan saham dimaksud. Dengan begitu tidak perlu antri beli saham Initial Public Offering (IPO) di gerai penawaran umum yang ditentukan tapi cukup pesan langsung ke perusahaan sekuritasnya atau secara online.

Jangan khawatir, nanti biasanya perusahaan sekuritas yang baik juga akan memberikan rekomendasi atas sebuah saham, memberikan analisa pasar secara umum dan bahkan makro ekonomi dikaitkan pasar modal, rencana aksi korporasi, dan sejenisnya.

Informasi di pasar saham sangat penting. Jangan kan berita, baru sebatas rumor saja bisa memengaruhi harga sebuah saham. Biasanya pergerakan saham memang cepat dan sensitive terhadap sebuah situasi dan informasi.

Itu mengapa pasar saham disebut-sebut bergerak mendahului fakta perekonomian di sebuah Negara.

Silakan mendaftar jadi investor saham dan selamat berinvestasi!

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved