www.trimegah.com

Investasi Saham Untuk Biaya Kesehatan Anak

Presenter yang akrab disapa Farhan itu nabung saham secara jangka panjang dimulai pada 1996. Saham pertamanya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Belakangan semakin terasa ternyata sangat bermanfaat untuk biaya kesehatan anak.



Memahami Risiko

Apakah Investasi di Pasar Modal Benar Syariah? Begini Jawabannya

25-Oct-2017 09:31:05 WIB | Online | Share
Apakah Investasi di Pasar Modal Benar Syariah? Begini Jawabannya

Investasiku.co.id – Keraguan dalam berinvestasi di pasar modal Indonesia terutama pada instrument saham masih banyak ditemui di sekitar kita. Terutama karena masih banyak yang menganggap bahwa investasi saham itu untung-untungan sehingga tidak syariah.

Bagaimana menjawab pertanyaan apakah investasi saham itu halal? Investasi di pasar modal sesuai syariat? Apapun jawabannya memang pasti masih ada yang memerdebatkan tapi setidaknya banyak fakta bisa diungkap bahwa ketersediaan instrument investasi syar’I cukup banyak di pasar modal Indonesia.

Praktik dan Perilaku Investasi Jangan Berjudi

Melakukan sesuatu termasuk investasi tanpa bekal pengetahuan sebenarnya termasuk berjudi. Tidak sesuai syariat.

Mulai dari tidak memahami tujuan investasi, kurang pengetahuan tentang produk investasi yang dipilih, sampai pemahaman tentang teknis lainnya. Perilaku yang akan membuat investasi menjadi berjudi sehingga menimbulkan ketidakjelasan (gharar).

Baca : Perilaku Salah yang Bikin Investasi jadi Berjudi

Jangankan investasi di pasar modal. Investasi emas sekalipun, jika tidak ada dasar rencana dan pengetahuan yang kuat, bisa menimbulkan kerugian. Siapa bisa mengira harga emas akan naik sekian persen atau turun sekian persen dalam jangka waktu tertentu?

Satu hal yang pasti bahwa emas yang kita beli memang masih bernilai, ada di tangan pemilik, dan bisa dijual saat dibutuhkan.

Begitu juga investasi properti. Tanpa melakukan riset dan perencanaan yang matang, meskipun tren harga selalu naik, bukan tidak mungkin terjadi penurunan. Misalnya akibat bencana alam (force majeur) atau dampak regulasi yang membuat properti itu jauh berkurang kelayakannya.

Begitu juga investasi saham. Dengan perencanaan yang baik dan pengetahuan yang cukup, investasi di pasar saham tidak dalam rangka “berjudi”. Yang penting beli saham syariah ya, sesuai Daftar Efek Syariah (DES) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau yang ada dalam dua indeks saham syariah di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Toh sahamnya juga dimiliki meskipun dalam sistem saat ini agar tercatat, aman, dan mudah diperjualbelikan kepemilikan itu dititipkan.

Baca: Di Mana kah Saham Disimpan?

Semua investasi memang berisiko. Hanya kadarnya yang berbeda-beda. Investasi saham memang berisiko paling tinggi tapi sejalan dengan potensi imbal hasilnya yang besar (high risk high return).

Maka penting untuk selalu update informasi saat menjadi investor di pasar modal atau investasi apapun.

Jika ingin investasi di pasar modal syariah tapi risiko relatif rendah, bisa pilih instrument reksa dana pendapatan tetap syariah atau langsung investasi di surat utang syariah seperti Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan.

Fatwa dan Regulasi

Tentang investasi di pasar modal syariah itu ada dasar hukumnya berupa fakta dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan perundang-undangan yang berlaku.

Lagi-lagi, fatwa dan regulasi yang menjadi payung hukum itu sudah cukup untuk membuat investasi di pasar modal syariah menjauhi unsur gharar.

Misalnya, teknis atau mekanisme perdagangan saham yang sebenarnya sesuai syariat karena bersifat lelang berkelanjutan (continuous auction). Itu salah satu dasar yang Menjelaskan Bahwa Mekanisme Perdagangan Saham di BEI Halal.

Pada payung hukum lainnya baik yang berupa Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun Undang-Undang juga sama. Mengatur mulai dari akad, instrument, sampai mekanisme penyelesaian transaksi.

Baca Juga : Begini Keuntungan Investasi Pasar Modal Syariah

Dengan dasar hukum berlaku ditambah perilaku yang tidak bertentangan prinsip syariat, semoga investasi di pasar modal syariah membawa berkah.

Foto: rimblogs

Other Articles


Copyright @ 2016 Investasiku.co.id, All Rights Reserved